barca La LigaKlub raksasa La Liga, Barcelona berambisi memenangkan seluruh kompetisi yang ada. Target yang sedikit mustahil dicapai, namun yang jelas adalah Barca harus bisa tampil bagus sejak awal hingga akhir kompetisi.

Tidak bisa dipungkiri bahwa Barca merupakan tim dengan sederet gelar juara. Lionel Messi dan rekan-rekannya bahkan pernah mendominasi Spanyol dan Eropa dua kali saat memenangkan treble di 2009 dan 2015.

Barca sukses memenangkan tujuh gelar Liga Spanyol dalam 10 musim terakhir. Namun, di Liga Champions terakhir kali Barca juara pada empat musim lalu bahkan di tiga edisi terakhir, langkah mereka terhenti di babak perempatfinal.

Musim ini menjadi momentum terbaik Barca untuk melanjutkan dominasinya di La Liga, sekaligus mencoba untuk mematahkan dominasi musuh bebuyutan mereka, Real Madrid di kompetisi Eropa.

“Ada sebuah musim saat Barcelona memenangkan segalanya dan ada saat dimana kami kehilangan satu gelar. Jadi Anda cenderung selalu ingin memenangi segalanya…,” sahut pelatih Barcelona Ernesto Valverde dikutip AS.

“Untuk bisa memenangkan seluruh kompetisi itu sangat tidak mudah. Memang itu adalah sebuah kewajiban kami di sini di Barca dan kami selalu ingin memenangkan seluruh kompetisi yang kami ikuti.”

“Bagaimana saya melihatnya, cara terbaik untuk mencari kesempatan memenangkan semuanya adalah tetap konsisten dari hari pertama sampai akhir. Namun bahkan laju itu hanya menjamin Anda memenangkan liga karena di Liga Champions atau Piala Dunia, Anda bisa juara atau kalau hanya dalam waktu singat.”