Real MadridBulan pertama di tahun 2018 terasa sangat berat untul Real Madrid. Melihat lawan-lawan yang akan mereka hadapi di bulan Februari, El Real harusnya dapat hasil yang lebih baik. Pertanyaannya adalah, bisakah mereka?

Januari 2018 menjadi bulan yang berat untuk Madrid. Delapan kali bertanding di La Liga dan Cola del Rey, El Real hanya meraih empat kemenangan. Tim asuhan Zinedine Zidane ini imbang dua kali (menghadapi Celta Vigo dan Numancia), serta menelan dua kekalahan (Villarreal dan Leganes).

Rangkaian hasil tersebut bukan saja membuat Real Madrid makin jauh tertinggal dari persaingan gelar La Liga. Beberapa waktu lalu Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan malah disingkirkan oleh tim lemah, Leganes di ajang Copa del Rey .

Bagi Madrid, hal ini adalah sesuatu yang sangat tidak wajar, apalagi jika melihat kesuksesan mereka musim lalu dengan lima trofi juara yang mereka dapatkan. Walaupun demikian, bukan berarti Madrid tak punya peluang untuk bangkit.

Di ajang La Liga mereka punya kesempatan untuk setidaknya merapatkan jarak ke puncak klasemen pada Februari ini. Jadwal bertanding dari tim raksasa ibukota Spanyol ini tidak sulit.

Tim-tim papan tengah macam Levante, Real Sociedad, Real Betis, Leganes, Deportivo Alaves, hingga Espanyol yang akan menjadi lawan El Real di La Liga. Meski begitu, Real Madrid wajib waspada, karena ada dua dari lima tim tersebut sudah mengalahkan Madrid musim ini. Betis mempermalukan Madrid 1-0 di Santiago Bernabeu pada 21 September, sementara Leganes adalah tim yang menyingkirkan El Real dari Copa del Rey.

Satu-satunya lawan yang selevel dengan Real Madrid di Februari adalah Paris Saint Germain, yang akan dihadapi di babak 16 besar Liga Champions. Pertandingan tersebut akan dilangsungkan di Santiago Bernabeu pada 15 Februari 2018.

Kalau mau realistis, Liga Champions merupakan peluang terakhir Madrid mengangkat trofi di akhir musim nanti. Pertandingan ini diprediksi akan sangat sulit karena PSG menjadi salah satu tim unggulan juara, dan El Real dituntut tampil habis-habisan.

El Real setidaknya sudah menunjukkan isyarat kebangkitan setelah menang telak atas Valencia dalam pertandingan terakhirnya. Sementara Cristiano Ronaldo pelan tapi pasti juga mulai menemukan performa terbaik di La Liga. Dia mencetak total empat gol dalam dua pertandingan terakhir La Liga, yakni ketika El Real membantai Deportivo La Coruna 7 – 1 dan Valencia 4 – 1.