athletic bilbaoAthletic Bilbao mengunci satu tiket ke babak 16 besar Copa del Rey dalam leg kedua fase 32 besar setelah membombardir gawang Linense enam gol tanpa balas. Dua klub lain yang juga ikut lolos adalah Eibar dan Rayo Vallecano.

Pada laga yang berlangsung di San Mames, Kamis (17/12/2015), Bilbao langsung unggul cepat tepatnya di menit ke-9 lewat gol dari Oscar De Marcos. Namun tidak ada gol tambahan hingga paruh pertama berakhir.

Selepas turun minum barulah lima gol lainnya tercipta. Di menit ke-49, sepakan keras Javier Eraso memanfaatkan skema sepak pojok merubah skor menjadi 2-0.

Tidak berselang lama, lagi-lagi berawal dari tendangan penjuru, giliran Xabier Etxeitia yang mencatatkan namanya di papan skor. Kike Sola yang masuh sebagai pengganti lalu bikin gol jarak dekat di menit ke-62 yang mengubah skor jadi 4-0.

Skor kembali berubah memasuki menit 67, kali ini melalui Raul Garcia. Ketika skor 5-0 akan bertahan, Mikel Rico membuat gol penutup satu menit jelang waktu normal berakhir.

Hasil itu mengantar Bilbao lolos ke fase selanjutnya dengan keunggulan agregat sangat jauh 8-0 atas Linense yang merupakan klub dari divisi tiga Liga Spanyol.

Pada laga lain Eibar menorehkan kemenangan meyakinkan 4-0 saat meladeni perlawanan tim divisi dua liga Spanyol, Ponferradina. Dramatis, karena sebelumnya mereka kalah 0-3 saat bermain di markas sang lawan.

Sedangkan pertarungan antara sesama klub La Liga, Getafe unggul 3-1 atas Rayo Vallecano di Coliseum Alfonso Perez.

Susunan Pemain

Athletic Bilbao: Iago Herrerin; San Jose, Balenziaga, Etxeita, Gurpegi, Raul Garcia (Benat 68′), De Marcos, Eraso, Aduriz (Kike Sola 59′), Sabin, Inaki Williams (Mikel Rico 60′).

Linense: Fran Mateo; Carlos Guerra (Ximo Forner 59′), Javi Gallardo, Manu Palancar, R. Chen, Joe Oliver, Chico, Juampe Rico, D. Zamorano (Canario 55′) Mauri, Copi (Diego Buitrago 55′).