Arsenal menjalani musim yang buruk 2016/2017 lalu. The Gunners diharapkan bisa sedikit meniru langkah Chelsea setelah terpuruk di musim 2015/2016.

Chelsea langsung bangkit setelah hanya finis di peringkat ke-10 di Premier League musim 2015/2016 lalu. Kedatangan Antonio Conte yang jadi manajer anyar pada awal musim menjadi salah satu faktor keberhasilan The Blues kembali ke posisi teratas.

Arsenal belum bisa benar-benar mengikuti cara Chelsea untuk soal pergantian manajer, setidaknya untuk saat ini, karena baru saja memberikan perpanjangan kontrak kepada Arsene Wenger. Namun mereka diharapkan paling tidak untuk bisa mengikuti cara Chelsea dalam memperkuat squad mereka bursa transfer di awal musim kemarin.

The Blues berhasil mempertahankan sosok-sosok kunci dan mendatangkan pemain-pemain yang dibutuhkan walaupun absen di Liga Champions. Pembelian N’Golo Kante, Marcos Alonso, dan David Luiz krusial juga sangat penting untuk membantu mereka dalam persaingan gelar.

Arsenal akan dihadapkan dengan situasi yang hampir sama. Tugas pertama adalah menjaga sosok penting seperti Alexis Sanchez dan Mesut Oezil yang dikabarkan menunjukkan indikasi hengkang, kemudian memperkuat diri dengan pemain-pemain signifikan.

Mantan penyerang Arsenal, Alan Smith berharap agar manajemen tidak tanggung-tanggung dalam mengeluarkan dana karena persaingan di musim depan dipastikan akan semakin sengit.

“Arsenal harus bisa melakukan perubahan seperti yang dilakukan oleh Chelsea musim lalu ketika mereka meyakinkan para pemain top walaupun ketika mereka absen di Liga Champions,” ujar Alan Smith seperti yang dilansir dari Sky Sports.

“Mereka tentu saja punya banyak uang untuk dibelanjakan dan mereka bisa membayar gaji para pemain top. Klub London juga menjadi incaran dari pemain-pemain top. Tapi apa kekuatan mereka yang bisa menarik dan berpengaruh untuk para pemain itu?”

“Mereka harus yakin bahwa jika keterpurukan ini hanya terjadi sekali saja dan mereka bisa berubah dan menjadi tim yang bisa bersaing dalam persaingan gelar Premier League. Setiap klub akan meningkatkan kekuatan squad mereka jadi mereka akan menghadapi tugas yang berat,” tutup Alan Smith.