Wayne RooneyWayne Rooney sudah memutuskan untuk pensiun dari tim nasional Inggris. Keputusan Rooney yang terkesan mendadak itu tentu saja mengejutkan banyak pihak, tidak terkecuali mantan penyerang The Three Lions, Alan Shearer.

Rooney membuat pengumuman pensiun untuk pensiun dari tim nasional Inggris, pada Rabu (23 Agustus 2017). Melalui sebuah pernyataan di blog pribadinya, mantan pemain Manchester United tersebut mengungkapkan keputusannya itu.

Setelah gelaran Euro 2016, Rooney memang tidak banyak bermain bersama tim nasional Inggris. Pertandingan antara kesebelasan Inggris melawan Skotlandia pada 11 November 2016 silam, menjadi partai terakhirnya di level internasional.

Padahal, manajer Inggris, Gareth Southgate, sudah punya rencana untuk memanggilnya kembali ke tim nasional. Dia sedang tampil on fire bersama Everton dengan catatan dua gol dalam dua pertandingan awal di Premier League.

“Wayne Rooney sudah mengakhiri karier yang hebat di timnas Inggris, dia sangat pantas untuk mendapatkan pujian yang akan diterimanya. Saya cukup terkejut saat mendengar berita kemarin, karena Wayne sudah bilang bahwa dia ingin tampil di Piala Dunia musim panas tahun depan.” ungkap Alan Shearer dalam kolomnya di harian The Sun.

“Saya dengar pelatih Gareth Southgate akan segera memanggilnya, performanya sejauh ini di musim ini akan menjamin itu. Tapi, Wayne jelas sudah berpikir panjang dan keras mengenai hal itu dan ingin berkonsentrasi untuk memberi segalanya ke Everton, dan saya yakin ini adalah keputusan terbaik untuk dia.”

“Alasan saya menyarankan dia untuk berhenti bermain untuk tim nasional setelah Euro musim panas lalu adalah karena saya sangat menyadari seberapa besar saya mendapatkan keuntungan dari itu. Anda tak ingin segera berkemas-kemas. Anda tak akan terburu-buru menunggu saat-saat itu.”

“Namun, sialnya, kita semua pasti akan terkendala masalah usia. Saya pensiun dari tim nasional Inggris setelah Euro 2000, ketika usia saya 29 tahun. Saya mengalami tiga cedera serius, jadi saya tak punya pilihan,” Alan Shearer menegaskan.