Wayne RooneyAkhirnya berakhir sudah perjalanan karier Wayne Rooney bersama Manchester United. Rooney kini resmi meninggalkan Manchester United dan pulang ke klub lamanya, Everton.

Kepindahan Rooney diumumkan Everton melalui situs resmi klub, pada hari Minggu (9 Juli 2017) malam WIB. Striker berusia 31 tahun tersebut sudah teken kontrak selama dua tahun dengan The Toffees dan kabarnya gajinya dikurangi sebesar 50 persen, dari yang awalnya sebesar 300 ribu poundsterling kini menjadi 150 ribu poundsterling saja.

“Kami sangat gembira karena bisa membawa kembali Wayne Rooney kembali ke Everton! Dia menantangani kontrak selama dua tahun setelah dilepas oleh Manchester United,” demikian pernyataan resmi Everton di akun twitter-nya.

Kepergian Rooney ini semakin melancarkan jalan Romelu Lukaku untuk pindah ke MU, setelah penyerang asal Belgia itu menjalani tes medis di Los Angeles di hari yang sama.

Walaupun kariernya meredup dalam beberapa waktu terakhir, Rooney bisa menepuk dada saat meninggalkan MU karena dia berstatus sebagai topskorer sepanjang masa klub dengan 253 gol dari 559 penampilan. Selain itu Rooney juga menyumbangkan 12 trofi mayor selama 13 tahun memperkuat The Red Devils.

Rinciannya adalah lima gelar juara Premier League, satu trofi Liga Champions, tiga Piala Liga Inggris, satu Piala FA, satu Piala Liga Europa, serta satu trofi Piala Dunia Antarklub.

“Wayne Rooney sudah menunjukkan kepada saya ambisi yang kami butuhkan untuk menjadi juara, dia tahu cara merebut gelar juara dan saya bahagia karena dia memutuskan untuk kembali ke sini,” ungkap pelatih Everton, Ronald Koeman.

“Dia cinta dengan Everton dan dia sangat ingin kembali ke sini. Dia masih 31 tahun dan saya tidak ragu dengan kualitasnya sama sekali. Rasanya luar biasa karena sekarang dia ada di sini,” tutup Koeman.

Rooney yang kabarnya direkrut seharga 10 juta poundsterling itu merupakan pembelian keempat Everton musim panas ini usai sebelumnya The Toffees mererkut Davy Klassen, Jordan Pickford, Michael Keane, dan Sandro Ramirez. Di periode pertamanya memperkuat Everton di tahun 2002 hingga 2004, Rooney sukses mencetak 17 gol dari 77 penampilan.