Kegagalan Portugal di Piala Dunia 2018 Rusia kemarin, telah memunculkan banyak spekulasi terkait kapten dan juga bintang mereka, Cristiano Ronaldo. Penampakkan yang jelas pun terjadi, dimana bintang Juventus tersebut banyak absen di pentas internasional.

Terlepas dari banyak gosip negatif, CR7 akhirnya buka suara dan menjelaskan bahwa dirinya siap untuk kembali ke level timnas Portugal pada tahun 2019 ini. Catatan menjelaskan bahwa absennya Ronaldo sudah terjadi sejak pagelaran UEFA Nations League yang berlangsung antara bulan September hingga November 2018 kemarin.

Menurut sumber terpercaya, alasan pemain berusia 33 tahun tersebut adalah ingin fokus beradaptasi dengan klub barunya, Juventus. Beruntung bagi skuat asuhan Fernando Santos tersebut bisa melalui setiap rintangan dengan baik meskipun tanpa kehadiran Ronaldo.

Pencapaian positif pun hadir untuk mereka, dimana Portugal berhasil memuncaki Group 3 dan berhak lolos ke babak selanjutnya. Adapun penampilan Ronaldo di Juventus terbilang sukses, dimana dia sudah mengoleksi 15 gol dari 24 penampilannya bersama Juventus seolah menjadi bukti bahwa Ronaldo telah beradaptasi dengan baik di Italia.

Dengan kepastian yang ada, Ronaldo pun tidak bisa menolak tawaran yang akan datang dari timnas Portugal, karena dirinya sudah terbilang baik bermain bersama Juventus, yang saat ini berada di puncak klasemen Serie A Italia, dan mampu lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

“Di 2019, saya berniat untuk kembali membantu staf pelatih timnas Portugal.” cetus Ronaldo.

Kepastian tidak bermain di level internasional dalam beberapa bulan terakhirnya bukan karena dari keputusannya pribadi. Berdasarkan sumber terpercaya, kepastian itu juga telah mendapat persetujuan dari staff timnas Portugal, dalam artian semua itu sudah mendapat persetujuan dari semua pihak.

“Jelas sudah disekapati, bahwa saya tidak akan tampil dalam pertengahan pertama musim,” lanjut Ronaldo.

Proses Adaptasi Ronaldo

Semua alasan yang datang dari Ronaldo untuk fokus adaptasi bersama Juventus terbilang masuk akal. Di usianya yang sudah tidak muda lagi, memaksa Ronaldo harus lebih fokus di lingkungan yang baru.

“Usia saya sudah 33 tahun, pindah ke negara demi negara, melatih metode baru, rekan setim baru, profesionalitas, serta rutinitas personal. Menurut saya, itu adalah opsi yang terbaik,” tutup Ronaldo.

Tanpa Ronaldo, catatan gol Timnas Portugal mengalami penurunan. Terbukti, dalam 4 pertandingan terakhir yang dijalani Portugal dalam ajang Liga Eropa, mereka hanya mampu mencetak lima gol saja. Catatan ini jelas membuat timnas Portugal berpikir keras mencari alterntif lain ketika Ronaldo tidak ada di skuat.